Setelah anda puas melakukan kegiatan di alam bebas, ada satu hal yang harus dipirkan untuk segera dikerjakan, yaitu membersihkan alat-ala...

Tips Merawat dan membersihkan Tenda Dome

Setelah anda puas melakukan kegiatan di alam bebas, ada satu hal yang harus dipirkan untuk segera dikerjakan, yaitu membersihkan alat-alat yang telah dipakai untuk kegiatan agar alat-alat tersebut tetap awet dan tahan lama mengingat harga dari alat-alat tersebut memang relatif mahal. Alat-alat ini memang seperti bayi untuk perawatannya tapi kemampuannya di alam bebas membuat kita seperti bayi. wkwkwk....
Untuk kali ini, kami akan memberikan seputar tips untuk membersihkan dan merawat tenda yang telah kalian pakai untuk kegiatan. cekidot....


 
Pertama:
Setelah anda selesai berkegiatan dan kembali ke rumah atau base camp, segera bongkar isi tas carrier dan ambil tenda yang ada di dalamnya, kemudian bersihkan semua kotoran yang melekat baik bagian dalam maupun luar tenda. jika tidak terlalu kotor, gunakan spons yang dibasahi dan sabun untuk membersihkannya. kami lebih merekomendasikan dengan sampo. 
Kedua:
Jika anda sering memakai dome saat hujan, anda bisa memeriksa tiang (frame) tenda dan membersihkannya dengan air supaya lempengan besi yang ada tidak korosi sehingga mengurangi kelenturan frame. Resleting juga perlu diperhatikan meskipun resiko karatnya kecil. Anda bisa menyemprotnya dengan silikon kecil pada gerigi resleting agar tetap normal.
Ketiga:
Simpan tenda dome anda di tempat yang kering dan sejuk. Jangan menyimpan di tempat yang panas karena bisa menyebabkan kerusakan pada lapisan tenda.
Keempat:
Sesuatu yang paling sering menyebabkan kerusakan pada tenda dan mungkin jarang disadari adalah kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet dari matahari. Biasakan sekali-kali mendirikan tenda dan diangin-anginkan (ruangan terbuka tapi tidak terkena sinar matahari secara langsung sehingga benar-benar kering dengan angin) sekalipun tidak dalam kegiatan.  
Kelima:
Jangan sekali-kali menggunakan tenda untuk alas tidur atau selimut jika tidak dipergunakan. hal ini untuk mengurangi gesekan-gesekan antara tenda dan alas serta pada tanah jika untuk alas tidur. 
Keenam:
Jangan menyalakan api atau merokok dan sejenisnya di dalam tenda. lebih bagus lagi jika memakai alas seperti jas hujan dsb sebelum mendirikan tenda agar alas tenda tidak berlubang.

Semoga bermanfaat bagi anda sekalian... Happy Hiking... :)  


SUMBER

0 comments: