Ini adalah pendakian ke gunung Sindoro via Kledung pada tahun kemarin, tepatnya hari Jum'at 08/11/13 sampe Minggu 10/11/13. okey, langs...

Pendakian Gunung Sindoro di bulan Suro

okey, langsung saja cekidot gan :D

Rencana awal pendakian ini berasal dari ajakan temen yang pengen banget saat ulang tahunnya, dia berada di puncak gunung. setelah rembugan kecil akhirnya dipilhlah gunung Sindoro yang mana temen ane ini belum pernah sekalipun ke sana. karena cuman berdua, akhirnya ane ngajakin temen2 kaskuser solo Munggah Gunung dan ada tiga orang yang juga pengen ke sana. Setelah janjian via hape akhirnya kita tetapkan berangkat dari Solo sekitar jam 3 sore dengan naik motor
perkenalkan dulu nih.....
Dari ki-ka: agan evening star, agan rendra3, temen ane yg ultah, chandra tmn rendra3, ane

Jum'at 08 November 2013
setelah temen-temen kaskuser berkumpul di kontrakan ane kira-kira pukul dua siang,, ane segera checklist barang bawaan sekaligus packing dengan daypack :D dan segera menghubungi temen ane yang minta dianterin ke Sindoro.
kurang lebih pukul 17.30 wib setelah gerimis tak kunjung reda, kami berlima dengan tiga sepeda motor capcus berangkat menuju Basecamp Kledung via Kartasura-Boyolali-Tengaran-Getasan Kopeng-Ngablak-Grabag-Secang-Temanggung-Parakan-Kledung. berhenti sebentar di Temanggung kota untuk makan malam dan lanjut menuju basecamp langsung.
kami sampai di Basecamp sekitar pukul 8 malam. setelah memarkir motor di dalam kantor balai desa Kledung, kami menuju ke Basecamp untuk registrasi. satu orang dikenai tarif 4ribu rupiah untuk pendaftaran, dan untuk parkir dikenai 5ribu rupiah. setelah mempersiapkan segalanya dan mendapat keterangan dari petugas di basecamp akhirnya....
pukul 21.00 wib kami mulai mendaki dengan menyusuri jalan makadam desa sampai ke pos 1 atau pos ojek. perjalanan dari basecamp ke pos 1 memakan waktu sekitar 1 jam atau juga bisa ditempuh dengan naik ojek 15ribu sekali naik/turun, kami lebih memilih jalan kaki karena selain irit ongkos juga untuk pemanasan :D
dari basecamp ke pos 1, jalanan berupa makadam dengan permulaan rumah penduduk desa Kledung, kemudian ladang penduduk di kiri kanan jalan sampai menuju pos 1. kecuraman masih belum seberapa alias agak landai :)
untuk gambaran ane tunjukin poto waktu turun gan (waktu naik malam & kamera gak memadai

Basecamp-pos I

Tiba di Pos 1 pukul 22.00 wib, kami istirahat sebentar mengatur nafas lalu lanjut jalan lagi menuju pos 2 selama kurang lebih 1 setengah jam. tiba di pos 2 sekitar pukul 23.15 wib. di sana sudah ada rombongan dari Semarang yang lagi break dengan mendirikan tenda karena ada yang kecapekan...
kondisi jalan dari pos 1 menuju pos 2 masih landai juga dengan melewati sebagian ladang penduduk dan hutan campur. yang asik di sini ketika jalan malam dengan banyak angin adalah adanya suara-suara aneh yang dihasilkan dari pepohonan yang digoyang angin. dari mulai suara bayi sampai derit pintu ada :takut
setelah ngobrol2 sebentar dengan rombongan Semarang, kami melanjutkan perjalanan dari pos 2 menuju pos 3. dari pos 2 menuju pos 3 medan masih lumayan landai, kadang2 terjal, ada bebatuan, akar pohon dan pohon yang tumbang menghalangi jalan. angin sudah mulai terasa kencang. sampai di pos 3 sekitar pukul 00.50 wib. kami putuskan untuk bermalam di pos 3 karena sudah ngantuk berat :D
FYI: temen ane yang ultah akhirnya cuman bisa nyalain korek api sebagai ganti tiup lilin karena gagal sampai puncak pagi ini :ngakaks

ini penampakannya
Setelah mendirikan tenda dan bikin kopi, akhirnya kami istirahat pukul 2 dini hari.... Zzzzz Zzzzz

Sabtu, 09 November 2013
TS bangun kesiangan :hammers karena hape ternyata udah mati *alamat ga bisa dokumentasi banyak :mewek
pukul 07.00 TS baru bangun dan langsung capcus solat subuh *ampuni aku Tuhan* setelah solat lanjut masak untuk sarapan...cukup mie rebus aja ma kopi
sejam kemudian kami udah packing dan melanjutkan perjalanan sekitar pukul 8 pagi menuju pos 4.
dengan pemandangan pagi yang cerah, nampak jelaslah medan di depan kami  dari pos 3 menuju pos 4 kami disuguhi pemandangan yang cihuy
sayangnya ane ga bisa mengabadikan :(
track dari pos 3 menuju pos 4 terjal, menurut ane trek paling terjal di gunung Sindoro via Kledung ini. dari sini kami mulai berpisah, dua orang lebih duluan terus mendaki menuju pos 4, sedang TS setia menemani teman TS yang ultah yang kondisinya udah mulai ngedrop
ngedrop euy
ngedrop...
Sekitar pukul setengah 11 siang akhirnya ane sampai di pos 4, dari sini temen ane udah mulai menanyakan puncak nan jauh di sano :D
buat nyemangatin dia akhirnya ane bilang aja kalo kita tinggal dikit lagi menuju puncak, ane menunjukkan ke temen kalo hamparan pohon Cantigi di padang Edelwis itu adalah puncakan :D
terus terang ane khawatir juga dengan kondisi teman ane yang udah ga karuan ini, mulai dari sakit perut, napas abis sampai kaki gempor dia sebutkan keluhannya T_T
akhirnya pukul 12 lebih dikit kami semua sampai di puncak Sindoro
Puncak Sindoro
kawah di belakang ane :)
Setelah ngemil2 plus poto2 sebentar akhirnya kami turun dari puncak pukul 13.30 wib. dua orang sama seperti sebelumnya, mendahului rombongan kita dan mereka sampai di basecamp pukul 18.00 wib. kami tinggal bertiga berjalan terseok2 sambil memunguti sampah2 dari puncakan. setelah berjalan lambat akhirnya kami sampai di pos 2 pukul 18.00 wib, kami putuskan untuk ngecamp dulu di sini karena temen TS kakinya udah gemeteran, ane takut nanti malah waktu pulang gak bisa jalan :o
setelah mendirikan tenda, kami solat Maghrib dan Isya' dijama'. di pos 2 ini kami banyak bertemu dengan rombongan pendaki yang baru mau naik ke atas. setelah ngobrol2 sebentar dengan rombongan dari UNDIP, kami masak kopi dan kemudian istirahat pukul 19.00 WIb... Zzzz Zzzz

Minggu 10 November 2013
kami terbangun pukul 5 pagi kurang, setelah solat subuh, sarapan, packing, akhirnya kami turun jam 6 pagi dari pos 2 menuju pos 1. kurang lebih sekitar pukul 7 kurang seperempat kami sampai di pos 1. tidak lama di pos 1 ada suara motor yang datang, seorang bapak menawarkan kepada kami ojek untuk turun tapi kami menolaknya :o

ini oleh2 dari puncak kemarin gan
Oleh-oleh dari puncak :)
Oleh2nya disuruh naruh oleh bapak tadi di pos 1 (pos ojek) ini. tak lama kemudian kami turun lagi menuju basecamp, hape jadul mulai diaktifkan lagi dan akhirnya ada sms dari temen yang udah turun ke basecamp kemarin untuk jemput kita bertiga :D
pukul 09.00 wib akhirnya kita pulang ke Solo lagi dengan :ngacir via jalur berangkat kemarin

Demikian cerita ane dalam pendakian di bulan suro ke Sindoro kemarin.. mohon maaf jika cerita nubie belepotan :malu
total pendaki dari Jum'at ke Minggu menurut petugas basecamp mencapai 150an orang. Semoga tidak ada yang meninggalkan sampah mereka di gunung ini.
Tambahan Foto
Perkasanya Sumbing
gagahnya si Sumbing

donatur ane :)

Terima kasih ane ucapkan kepada:
thank's to Tuhan YME
keluarga yang telah mengijinkan ane untuk mendaki
Teman2 Pendakian, agan rendra3 dan agan evening.star
dan spesial buat donatur ane yang ultah di Sindoro :kiss
serta keluarga besar OANC :shakehand2

catatan waktu dari temen yang udah nyampe di basecamp duluan ma temennya: