Salam Lestari...!!! Tas carrier atau tas gunung adalah jenis tas yang sering digunakan untuk membawa barang-barang atau perlengkapan s...

Tips cara Mencuci dan Merawat Tas Carrier / Gunung

Salam Lestari...!!!
Tas carrier atau tas gunung adalah jenis tas yang sering digunakan untuk membawa barang-barang atau perlengkapan saat melakukan perjalanan santai atau perjalanan di alam bebas. Pada umumnya, tas ini sering digunakan oleh orang-orang yang sering melakukan perjalanan yang memakan waktu lama seperti para penjelajah alam dan traveller. Melihat harganya yang relatif mahal, sangat penting bagi kita untuk merawatnya agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. dalam perawatannya, kita harus memperhatikan dan hati-hati saat mencuci tas carrier ini. berikut mimin sajikan bagaimana cara mencuci dan merawat tas carrier agar tahan lama. simak ya....

Pertama, kosongkan semua barang-barang yang ada di dalam tas carrier. pastikan tidak ada barang yang tertinggal seperti baju, hp, apalagi makanan karena dapat mengundang jamur yang akan merusak tas carrier tsb.
Kedua, buka semua kompartemen yang terdapat pada tas, termasuk frame/rangka tas. Kemudian ubahlah posisi tas menjadi terbalik, bagian dalam tas menjadi bagian luar. Hal ini bertujuan untuk membersihkan bagian dalam pada tas yang tidak terlihat. lalu goyangkan tas untuk menjatuhkan debu, rumput dan kotoran yang menempel di bagian dalam tas. Setelah selesai, taruhlah tas carrier pada tempat/lantai yang bersih.
Ketiga, bersihkan debu yang menempel dengan sikat debu atau sikat gigi bekas, dan kotoran kering dengan sikat kain dengan satu arah gosokan. masing-masing dibersihkan dengan alat berbeda sesuai dengan bahan tas carrier.
-untuk tas dengan kotoran sedikit, bisa dicuci dengan cara memakai kain bekas/lap halus yang dicelupkan ke air hangat-hangat kuku kemudian digosokkan satu arah pada bagian yang kotor saja entah itu bagian tali webing atau kain tas.
-untuk tas yang sangat kotor, masukkanlah ke dalam ember besar dengan diisi air hangat-hangat kuku. Kemudian sikatlah secara ringan pada bagian yang kotor dengan satu arah. Sebisa mungkin hindari pemakaian detergen atau pemutih karena bisa membuat tas jadi cepat aus dan rusak. cek bagian tali-tali webing karena kotoran susah hilang pada bagian tersebut.
Keempat, setelah melewati tahap di atas. Ganti air yang sudah penuh dengan kotoran dari tas dengan air yang bersih. bilas dan peras dengan hati-hati, perhatikan saat memeras jangan sampai merusak bagian resleting dan tali-tali dan webing maupun klik tas.
jika dirasa kurang bersih, ulangi proses ini sekali lagi.
Kelima, proses penjemuran. Sebaiknya tas carrier tidak dijemur di bawah sinar matahari langsung karena bisa memudarkan warna asli tas. alternatifnya yaitu dengan menjemur di tempat yang banyak terkena angin atau di angin-anginkan dengan cara terbalik, posisi atas tas berada di bawah.
Keenam, pastikan tas carrier benar-benar dalam keadaan kering. setelah benar-benar kering, pasang kembali frame/rangka tas dan masukkan kapur barus jika tas tidak dipakai dalam jangka waktu lama. Hal ini untuk mencegah jamur yang bisa datang karena udara lembab di dalam tas. Setelah itu, simpanlah tas di dalam plastik atau ditutupi kain untuk menghindari debu selama penyimpanan. hindari tas carrier tertindih barang-barang berat agar frame/rangka tas tidak berubah bentuk/bengkok.

Demikian sedikit tips dari Avonturir Outdoor Equipment Rental. semoga bisa membantu kawan-kawan petualang. Jika ada kesalahan, mohon koreksinya ya di kolom komentar.
Salam Lestari...!!!

0 comments: